Rabu, 04 Januari 2012

Kiat Meningkatkan Omset Usaha/Bisnis


Omzet bisnis dan volume penjualan berkaitan dengan banyaknya pelanggan yang loyal menggunakan produk kita. Jika usaha kita memiliki jumlah pelanggan loyal yang banyak maka secara linier mestinya omzet dan keuntungan bisnis semakin besar. Meski bisa juga pelanggan sedikit namun membeli dalam jumlah banyak juga bisa meningkatkan omset bisnis. Namun yang umum dan mudah adalah semakin banyak pelanggan semakin besar omset bisnis.

Untuk meningkatkan omzet bisnis ada beberapa langkah yang bisa dilakukan, yang kesemuanya berkaitan dengan upaya meningkatkan jumlah pelanggan yang loyal. Namun ada kalanya pelanggan yang sudah loyal berpindah ke produk lain, atau bahkan baru mencoba produk kita satu kali dan sudah tidak kembali lagi.

Pelanggan yang berpindah ke produk lain bisa harus di analisa mengapa mereka pindah, bisa jadi mereka kecewa dengan kualitas produk, kualitas pelayanan atau karena pesaing kita yang lebih agresif. Cari tahu penyebab mereka pindah dengan mengajak mereka berbicara, dan lakukan perbaikan terhadap kesalahan dan kekurangan kita.  Setelah melakukan perbaikan langkah selanjutnya adalah mengajak  kembali merek menggunakan produk kita. Dengan melakukan recovery terhadap pelanggan yang lari kita dapat meningkatkan omset bisnis yang hilang.

Meningkatkan omset bisnis sebagaimana telah diutarakan berkaitan dengan jumlah pelanggan, maka langkah kedua yang bisa dilakukan adalah menambah jumlah pelanggan. lakukan edukasi dan memberikan informasi mengenai pentingnya produk yang kita jual. Lakukan upaya-upaya secara agresif dengan berbagai cara misalnya menyebarkan brosur, promosi hingga ke rumah-rumah jika perlu dan lain sebagainya. Semakin banyak orang tahu semakin banyak peluang mendapatkan pelanggan baru.

Jika pelanggan baru sudah didapat maka hal penting yang perlu dilakukan adalah mempertahankan pelanggan yang sudah ada. Lakukan komunikasi dengan baik dan efektif, cari tahu apa yang menjadi keinginan dan keluhan mereka. Berikan layanan ekstra untuk menjamin kepuasan mereka. Jika memang diperlukan pelanggan loyal bisa kita ajak untuk meningkatkan jumlah pembelian mereka sehingga mampu meningkatkan omset bisnis kita.

Pelanggan loyal bisa menjadi marketer bagi produk yang kita jual. Tawaran member get member dengan sistem komisi merupakan solusi yang cukup baik. Cara marketing dengan sistem referal semacam ini biasanya bisa menjadi cara yang efektif dan lebih mengena. Dengan demikian kita bisa meningkatkan omset bisnis tanpa harus menambah staff marketing secara formal

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com Modifikasi by NafasWeb BlogCatalog Blog Directory