Senin, 25 April 2011

Gamis busana muslim panjang nan manis


Salah satu jenis busana muslimah yang sering dipakai adalah baju gamis, baju terusan, yang panjangnya sampai mata kaki yang megadopsi pakaian wanita muslimah dinegeri Arab sana, yang lebih dikenal sebagai hijab.

Selain lebih nyaman dipakai karena terasa longgar di pinggang dan tidak membentuk lekukan tubuh muslimah,orang yang memakai gamispun terlihat lebih anggun, sopan dan feminim.Terlebih lagi pada saat ini, model gamis lebih banyak variasi dan pilihanya.Ditambah dengan detil-detil yang manis, membuat penampilan gamis semkain menawan dan tidak kaku sepertigamis yang berasal dari Arab sana.

Mungkin anda masih ingat, beberapa tahun ke belakang. Inneka koes herawati, salah seorang artis yang kini selalu setia tampil dengan busana muslimahnya, atau sazkia adya mecca istri sutradara hanung pernah mempopulerkan pemakaian baju gamis walau banyak anggapan baju gamis bikin gerah. Toh sekarang banyak artis-artis yang rajin mengenakanya.

Dengan aksen sederhana dari bahan  bermotif yang melingkari dada, atau pinggang bagian depan, dengan bordir bunga-bunga terlihat manis sekali. Sejak saat itu gamis menjadi salah satu pakaian pilihan muslimah dalam berbusana muslim.

Variasi Model Gamis

Untuk memanjakan para penggemar baju gamis ini, para perancang mode berlomba untuk membuat ragam busana muslimah dengan model gamis yang lebih menarik.Bentuknya yang lebar memberikan kebebasan untuk melakukan berbagai modifikasi baik dari sisi model maupun pemberian aksen aksesoris.

Selain itu, gamis lebih mempunyai penggunaan yang luas saat ini. Dari mulai dipakai untuk aktivitas keagamaan, non formal, semi formal sampai yang formal.

Gamis dari bahan katun dengan model simple, biasa digunakan untuk aktivitas sehari-hari. Sedangkan untuk acara yang lebih formal, gamis yang memang sudah punya pembawaan anggung seperti long dress tinggal melakukan penyesuain bahan saja.

Gunakan kain yang memberikan kesan mewah dan elegan seperti satin, nepsilk atau brokat. bisa juga dikombinasikan dengan aplikasi-aplikasi seperti obi sutra, bordir atau taburan payet. Baju gamispun tidak identik dengan nuansa timur tengah yang kaku dan berwarna hitam saja. Kombinasi bahan batik dengan kain katun polos warna sesuai warna dasar batik adalah pilihan yang bisa menjadi koleksi busana pesta anda.

Tips memakai baju gamis
Ada beberapa tips dalam memakai baju gamis ini:
  • Gamis harus betul-betul menutup aurat pemakainya dan sesua kaidah syariat islam dalam berpakaian.Tidak ketat, tipis dan menerawang, sehingga menyamarkan siluet bentuk tubuh.
  • Untuk yang berbadan besar, hindari gamis dari bahan kaos. Karena sifat bahan kaos yang lentur, pakaian akan melar dan menempel dibadan mengikuti lekuk tubuh.
  • Secara model, untuk anda yang berpostur tubuh kecil, cobalah memakai gamis tumpuk yang terdiri dari dalam dan luaran atau double. Sekarang banyak gamis-gamis model ini.
  • Sedangkan untuk anda yang berbadan besar, sebaiaknya menggunakan bahan yang terkesan ringan dengan corak warna gelap.


0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com Modifikasi by NafasWeb BlogCatalog Blog Directory