Rabu, 22 Juni 2011

Batik sebagai pilihan berbusana Muslim


 Beberapa tahun yang lalu batik selalu dianggap sebagai jenis busana yang kuno, yang dipakai orang-orang tua dan zaman dahulu.Namun saat ini kejadian tersebut sudah berbalik 180 derajat. Sekarang banyak kaum muda yang suka dan tertarik untuk mengenakan busana yang berbahan dasar kain batik, baik acara non formal maupun acara  formal.Apalagi dengan ditetapkanya Batik sebagai heritage culture oleh UNESCO sebagai warisan Dunia. Tidak terkecuali bagi kaum muslim, mereka juga tidak ketinggalan untuk memilih batik dalam berpakaian. Apalagi saat ini banyak tersedia busana musli batik baik untuk wanita maupun untuk laki-laki, yang model dan desainya tidak kalah menarik dengan busana yang lainya.

Busana Wanita Muslim dari Bahan Batik – Batik sebagai kain tradisional indonesia memang memiliki aneka ragam model entah itu batik lurik, batik cap hingga batik tulis, kini model batik juga dilirik para desainer busana muslim. mereka membuat busana muslim dengan bahan batik. kini para wanita muslimah juga bisa menggunakan batik muslim untuk acara sehari hari mereka. nah lalu bagaimana cara dan kiat memilih busana muslim berbahan batik?
simak tehnik memilih busanamuslim dari bahan batik di bawah ini.

Teknik Memilih Busana Muslim Batik
  • ·         Kaidah berbusana
Ini adalah hal yang harus mendapat perhatian utama sewaktu kita ingin memilih busana muslim batik yang ingin dikenakan. Terutama bagi kaum wanita. Perhatikan dengan cermat dan teliti, apakah busana tersebut dibuat sudah sesuai dengan tuntunan dalam agama Islam.
Misalnya meski sudah tertutup rapat namun busana muslim batik tersebut tidak boleh terlalu ketat sehingga menampakan lekukan tubuh. Demikian pula dengan penutup kepalanya. Apakah benar benar bisa menutupi seluruh bagian kepala kecuali mukanya saja. Juga tangan dan kaki, apakah bagian tersebut juga tertutup dengan rapat kecuali pada telapaknya.
  • ·         Paduan warna
Meski busana muslim itu harus bisa menutup semua anggota bagian tubuh kecuali muka, tangan dan kaki bagian bawah, namun hal ini bukan berarti kita tidak boleh tampil gaya. Karena keindahan itu juga merupakan bagian dari iman, asal jangan terlalu berlebih.
Jadi ketika memilih busana muslim batik, perhatikan warnanya apakah sesuai dengan warna kulit kita serta warna kain lain yang juga kita kenakan.

  • ·         Sesuaikan dengan suasana

Ketika memilih busana muslim batik, sesuaikan dengan keperluan yang ada. Bila digunakan untuk bekerja, pilihlah jenis busana yang simpel dan praktis agar bisa memudahkan kita untuk bergerak ketika menjalankan tugas di kantor atau tempat kerja.

Bila untuk bersantai saja, pilihlah busana muslim batik yang tidak terlalu ribet serta tidak menimbulkan kesan formal. Busana tersebut harus mampu memberikan suasana kasual namun tetap sopan dan tidak norak. Sedangkan bila mau digunakan untuk pesta kita bisa memilih busana yang lebih anggun dan bisa menimbulkan kesan keceriaanJangan lupa untuk lakukan perawatan terhadap bahan batik anda agar busana muslim berbahan batik anda bisa awet dan tetap bagus.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com Modifikasi by NafasWeb BlogCatalog Blog Directory