Selasa, 03 April 2012

Masih Muda kok sudah Keriput

Keriput wajah bagi sebagian wanita akan menjadi masalah besar, apalagi bila keriput di wajah muncul diusia 30 tahun. Pada usia 30 tahun seharusnya keriput atau kerut kulit wahajh belum muncul terlalu banyak. Apa  sih  yang menyebabkan kerutan atau keriput dikulit wajah lebih cepat muncul? Mari kita kenali apa itu keriput  kulit wajah.

  1. Keriput halus ( fine wrinkle)
Terjadi karena berkurangnya jumlah kolagen dan elastin akibat menurunya jumlah dan aktivitas sel-sel fibroblas (penghasil kedua zat tadi).ketiganyan terdapat pad alapisan kulit bagian tengan (dermis) dan berfungsi sebagai jarinagn penunjang serta pengencang kulit. Kolagen berkurang 1% pertahun setelah usia 40 tahun, sementara pendapat lain mengatakan mulai usia 25 th. Selain Usia, penyebab rusaknya kolagen adalah sinar ultraviolet (UV), UVA dan UVB, terutama bersumber dari sinar matahari. Sinar-sinar tersebut terdapat juga pada alat-alat modern yang kita pakai setiap hari seperti  lampuTL, layar TV dan komputer dan api kompor gas.
Polusi udara, asap rokok, cuaca yang berubah-ubah secara ekstrem juga merusak kolagen. Begitu pula makanan yang gizinya tidak seimbang, diet terlalau ketat. Stress emosi dan fisik (kecapaian), kurang tidur malam hari juga merusak kolagen dan mempercepat datangnya kerut halus.
Keriput jenis ini bisa dikurangi dengan krim kulit yang mengandung asam retinoat, asam glikolat, vitamin C secara rutin, teratur dan terus menerus. Kalau perlu, dokter spesialis  akan melakukan chemical peeling, laser, dermaroller (kulit ditusuki  dengan puluhan jarum halus mencapai dermis), filler (kerutan diisi dengan kolagen, tentunya dengan yang halal).
Cara lainya, pakai tabir surya minimal SPF 15 bila terpaan sinar matahari dari jam 9-15, terkena lampu TL, Komputer, TV dan memasak lama dengan  kompor gas. Selalu makan dengan gizi seimabng, perbanyak sayur dan buah, makan ikan kecil dengan tulangnya (ikan teri atau baby fish adalah sumber kolagen), tempe jangan digoreng, karena kalau digoreng akan merusak jamur yang bagus sekali khasiatnya, tahu mentah dan produk kedelai.
Lindungi kulit dengan baju dan masker wajah bila berada di daerah yang penuh polusi udara. Hindari stress dan cukup tidur malam 5-8 jam. Berwudhu juga akan mengurangi keriput, karena air wudhu memberi  kelelbapan pada lapisan teratas kulit (epidermis).

2.Keriput dalam (deep wrinkle)
Contoh, keriput pada dahi atau di tengah kedua alis mata. Terjadi karena jaringan otot di bawah kulit menjadi kaku, tebal dan keras karena ekspresi wajah berlebihan dan terus menerus misalnya saat marah, kesal, menegrutkan dahi akibat silau kena cahaya. Mengatasi kerut jenis ini secara medis adalah dengan melumpuhkan otot yang terlanjur kaku tersebut. Saat ini hanya dapat dilakukkan dengan menyuntikan racun botulinum (BOTOX) ke dalam otot yang belum jelas kehalalnya. Majelis Ulama Indonesai menfatwa haram injekasi BOTOX. Cara paling aman adalah dengan banyak tersenyum, hidup jauhi stress, karena otot-otot yang dipakai untuk tersenyum akan mengendurkan ekspresi marah. Dan usahakan memakai kaca mata hitam bila berada di tempat menyilaukan atau banyak cahaya matahari.
Tentang pori melebar, bisa dikarenakan banyak mengkonsumsi makanan berlemak sehingga produksi kelenjar minyak kulit bertambah dan pori kulit melebar untuk memeberi jalan keluar pada lemak. Otot lubang pori melebar bisa juga karena salah tindakan, misla memencet komedo atau jerawat yang dipencet secara paksa tanpa dilakukan penguapan.
Nah , sekarang sudah tahu akan kenapa keriput terjadi pada wajah dan cara pencegahanya sebenarnya mudah yaitu merawat diri dengan krim, berwudhu, perbanyak makana sayur dan buah, hindari stress dan tidur malam yang cukup.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com Modifikasi by NafasWeb BlogCatalog Blog Directory