Selasa, 12 April 2011

Memilih baju kerja Muslim

 
Di Indonesia, Busana Muslim yang dipakai oleh pria adalah baju koko. Aslinya baju koko adalah baju untuk pria di daratan china sana. Entah mengapa bisa diadopsi di indonesia. Mungkin saat kerajaan islam banyak berhubungan dengan bangsa china, baju tersebut masuk ke indonesia dibawa oleh orang-orang china. walau sebenarnya sebelum kerajaan islam berdiri, kerajaan-kerajaan di nusantara seperti sri wijaya dan Tarumanegara juga sudah berhubungan dengan bangsa china.
Baju koko dengan kerah model shanghai, sangat populer dikalangan muslim indonesia.Baju ini banyak dibuat dari bahan katun yang adem, sehingga banyak dikenakan oleh laki-laki muslim di indonesia jika akan menunaikan sholat ataupun menghadiri acara-acara keagamaan baik dilingkungan sekitar ataupun dipakai oleh kalangan santri di pesantren.Namun kini banyak pula baju koko dipakai untuk bekerja, walaupun biasanya dipakai di hari jumat saja.

Busana wanita Muslim

Tidak hanya kau pria saja yang memakai busana muslim untuk kerja, kaum wanita lah juga yang awalnya mempelopori pemakaian busana muslim dalam bekerja, baju muslim dan jilbab pun menjadi pemandangan yang umum di indonesia bahkan di Dunia. Hal ini juga disadari oleh kesadaran bahwa busana muslim adalah wajib bagi wanita muslim. Dan ini bukan lagi dipandang sebelah mata seperti halnya dahulu, wanita muslimah kini banyak dijumpai diberbagai bidang pekerjaan.

Mulai dari kerja kantoran hingga lapangan, bahkan kini sudah merambah ke dunia internasional seperti Diplomat. Michelle Obama istri presidem USA Barack Obama juga mengenakan busana muslim ketika mengunjungi masjid istiqlal serta Ratu Elisabeth dari Inggris ketika mengunjungi Dubai UEA. Dengan demikian bisnis pakaian kerja muslim sudah menjadi fashion dunia dan tidak bisa dipandang sebelah mata.


Memilih Baju Kerja Muslim

Memilih pakaian kerja muslim memang agak susah dibanding baju kerja biasa, terutama untuk kaum pria, dibandingkan kaum wanita lebih mudah untuk memilih baju kerja muslim karena sekarang banyak model dan variasinya.

Selain itu, mengenakan baju kerja muslim bagi pria masih  dianggap kuno dan kampungan karena belum banyak pilihan, tapi lambat laun stigam itu sedikit demi sedikit telah bergeser bahkan sekarang menjadi tren, hari Jumat memakai baju koko untuk kerja seperti batik untuk kerja dan tidak ada larangan dari perusahaan ataupun instansi.Untuk mengakalinya kita harus pandai-pandai mencari cara agar tidak erkesan ekstrim bahkan kuno, seperti memadukan baju koko dengan  celana jeans. 


Tips berikut ini mungkin bisa membantu anda dalam memutuskan baju kerja muslim yang cocok anda kenakan ke tempat kerja:
  • Untuk pria mengenakan baju koko di hari jumat, agar sekalian digunakan untuk sholat jumat.
  •  Untuk wanita jika ingin mengenakan blouse lengan pendek bisa dipadukan dengan blazer, sehingga syarat syar'i nya terpenuhi dan menutup aurat.
  • Untuk jilbab hindari yang berwarna-warni mencolok atau motif bunga besar. Pilihlah yang polos atau sedikit motif. Dan sesuaikan dengan busana bawahan anda.
  • Sesuaikan dengan Lokasi pekerjaan anda. Jika anda bekerja dilapangan, pilih yang bahanya katun dan tidak panas serta menyerap keringat.Untuk dalam ruangan ber-AC pilih yang agak tebal dan hangat, sehingga anda tidak kedinginan.
  • Untuk make up, sebaiknya wanita muslim mengenakan dandanan yang tipis cenderung natural, agar terlihat anggun dan santun.

Jika anda sudah siap, anda bisa mencoba baju kerja muslim sekarang juga. jangan lupa mintalah pendapat dari teman dekat mengenai penampilan anda. Jangan lupa, berjalanlah dengan penuh percaya diri, karena kepribadian anda tercermin dari cara anda berbusana dan membawa diri.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com Modifikasi by NafasWeb BlogCatalog Blog Directory