Senin, 24 Oktober 2011

Untung Rugi Membangun Usaha Rumahan

Peluang usaha: Untung rugi membangun usaha Rumahan


Peluang usaha saat ini menjadi bagian dari informasi yang menjadi Trend dan dicari banyak orang, karena memang inilah proses pendewasaan sektor riil di Indonesia, mengingat jumlah pengusaha di Indonesia termasuk rendah dibanding Negara-negara Asia dan Indonesia merupakan Negara paling konsumti NO-2 di Dunia setelah Singapore. Wajar dengan semangat dan jargon Enterpreneurship yang sedang melanda Indonesia saat ini bahkan telah menjadi virus yang menyebar kemana-mana. maka jangan heran orang kantoran yang notabene karyawan punya usaha sampingan bahkan mereka rela keluar dari tempat kerjanya, karena prospeknya lebih menggiurkan sebagai pengusaha disisi pendapatan. Itu untuk usahawan yang sukses, yang jatuh bangun mungkin akan ada cerita lain kembali menjadi karyawan.

membangun usaha usaha rumahan hasil toko atau menjadikan rumah sebagai tempat usaha tampaknya menjadi solusi banyak pihak yang menjadi daya tarik tersendiri, yang mencoba merintis usaha atau sedang berlatih untuk menjadi pengusaha.Namun juga sudah banyak pengusaha yang sudah memanfaatkan rumahnya menjadi ruang kantor sekaligus rumah tempat tinggal.Bukankah pengusaha-pengusaha yang sukses juga memulai usaha dari garasi rumahnya steve jobs, Bill gates dll.


Adapun keuntungan dan kerugian membangun usaha dirumah antara lain:

Keuntungan membangun usaha rumahan
1. jam kerja lebih fleksibel (bisa sambil nonton tv atau baca buku)
2. Mengurangi biaya sewa tempat usaha/ruko
3. Dapat melibatkan keluarga dan tetanga sebagai karyawan
4. Biaya pajak ruang usaha bergabung dengan PBB rumahan
5. Mengurangi biaya transport pulang pergi ke tempat usaha
6. Mengurangi biaya operasional dan perangkat
7. Modal minimalis karena tidak perlu menganggarkan modal terpisah yang cukup besar."low budget high impact".


kerugian membangun usaha rumahan
1. Intervensi anggota keluarag dan tetangga (perlunya manajemen yang profesional)
2. Bentuk/penampilan ruang usaha yang kurang maksimal.
3. Ruang dengan dua fungsi mengurangi konsentrasi masing-masing kecuali jadkan garasi atau ruang khusus dirumah untuk tempat usaha.
4. Keterbtasana relasi dan minimalnya pertemanan, beda jika di ruko. sebenarnya ini bukan masalah karena sekarang  marketing dengan teknologi lebih powerfull sehingga relasi bisa tidak terbtas regional.
5. Karyawan merasa kurang formal.
6. Terbatasanya ekspresi dalam memasang alat promosi, baliho raksasa. Sekarang bukan eranya pasang baliho besar-besar karena mengundang aparat pajak.

Nah jadi sudah tahu kan kalau memangun usaha rumahan itu banyak keuntunganya selain modal kecil juga dengan bantuan teknologi bisa menembus sekat-sekat batas regional dalam pemasaran dan marketing.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com Modifikasi by NafasWeb BlogCatalog Blog Directory