Rabu, 18 April 2012

Beberapa keutamaan pahala bagi Wanita Hamil dan Melahirkan dalam Islam



Bagi setiap wanita yang sudah menikah, hamil merupakan momen yang paling ditunggu-tungu.Ya hamil merupakan salah satu proses perkembangbiakan manusia di muka bumi. Kehamilan adalah Anugerah terbesar dari Allah SWT bagi para wanit, dan wanitalah yang  terpilih untuk itu. kalau para laki-laki yang terpilih bisa repot dan terbaliklah Dunia. Karena Kehamilan merupakan suatu momentum untuk menjadi wanita seutuhnya.Sedangkan di Dunia Barat sana banyak wanita penganut faham  feminisme yang engan untuk hamil, karena mereka tidak tahu hakekat kehamilan bagi wanita.Oleh sebab itu kita sebagai umat Islam bersyukur dilahirkan dalam keadaan iman dan Islam. Allah SWT memberikan kelebihan atau keistimewaan bagi wanita hamil dan saat melahirkan.

Kelebihan Wanita hamil


berikut ini merupakan beberapa kelebihan yang telah diberikan dan dijanjikan Allah SWT bagi wanita hamil. Bahkan beberapa kelebihan ini tidak dimiliki oleh kaum laki-laki.

  1. Shalat wanita hamil lebih Utama dibanding wanita yang tidak hamil,  Rasululah SAW mengatakan bahwa dua rakaat salah wanita hamil jauh lebih baik dibanding 80 rakaat salat yang dikerjakan oleh wanita tidak hamil. Keistimewaan ini diberikan karena wanita hamil membawa janin dalam perutnya. tentu saja sang janin turut serta saat ibunya salat, mendengar bacaan-bacaan salat, serta ikut sujud bersama sang ibu beribadah kepada Allah SWT.Dan dalam lindungan Allah.
  2. Memperoleh Pahal Puasa di Siang Hari dan Pahala Ibadah di Malam hari, Rasulullah mengatakan bahwa wanita yang sedang dalam keadaan hamil akan memperoleh pahala puasa saat siang hari serta pahal ibadah saat malam hari. Hal itu terjadi karena wanita hamil selalu membawa amanah llah SWT ke sana kemari. Dengan demikian, sangat wajar jika wanita hamil mendapatkan pahala yang besar di sisi Allah SWT.
  3.  Mati Syahid, Rasulullah SAW bersabda:" Mati Syahid itu ada tujuh, selain mati terbunuh dalm perang fii sabilillah, yaitu: 1.mati karena penyakit tha'un, 2.mati karena tenggelam, 3.mati karena penyakit lambung,4.mati karena sakit perut, 5.mati karena terbakar, 6.mati karena tertimpa reruntuhan, dan 7. perempuanyang mati karena hamil atau melahirkan" (HR Ahmad, Abu Dawud, Nasai dan Malik).
Rasululah SAW pun menjelaskan betapa istimewanya nasib seseorang wanita hamil jika ia meninggal dunia dalam masa kehamilanya. Allah SWT memberikan jaminan kepadanya untuk memperoleh surga sebagaimana janji Allah bagi para pria yang mati syahid di medan perang untuk membela Agama Allah SWT.

Kedudukan sangat tinggi bagi wanita yang meninggal saat hamil atau melahirkan menunjukkan betapa besarnya harkat yang diberikan Allah SWT dan Rasul-Nya kepada kaum wanita.Namun, wanita akan mati sia-sia jika kehamilanya merupakan hasil perzinahan.

Kelebihan Wanita Saat Melahirkan


1.Mendapatkan pahala haji
Rasululah SAW mengatakan bahwa wanita yang bersalin akan mendapatkan  satu pahal haji untuk 70 tahun salat dan puasa serta setiap kesakitan pada satu uratnya.  

2. Mati Syahid
Rasulullah menjanjikan mati sayhid bagi wanita yang meninggal dunia dalam masa 40 hari setelah melahirkan sang bayi.

3. Pahala Setiap Tetes Air Susu
Wanita yang sedang menyusui akan mendapatkan 1 pahala dari setiap tetes air susu yang diberikan kepada sang anak. Allah SWT akan memberikan 1 tahun pahala salat dan puasa bagi wanita yang memberikan susunya pada bayi  yang sedang menangis. Jika wanita menyusui ankanya hingga cukup 2,5 tahun, malaikat akan memohonkan kepada Allah balasan surga wajib baginya.

4. Pahala Bangun Malam
Seorang ibu yang harus menghabiskan malam untuk begadang dengan waktu tidur singkat karena menjaga anaknya akan mendapatkan pahala seperti membebaskan 20 orang hamba sahaya dan diampuni seluruh dosanya. Jika ia berhasil menghibur hati sang anak, Allah SWT akan memeberikan pahala ibadah selam 12 tahun.
Itulah beberapa keistimewaan atau kelbihan yang dimiliki wanita hamil dan saat melairkan. Semoga kita termasuk ke dalam kelompok wanita yang mendaptkan keistimewaan dan pengampunan dari Allah SWT, dan tidak terpengaruh paham feminisme dan emansipasi yang kebablasan sehingga banyak wanita-wanita sekarang lebih mementingkan karier daripada harus hamil dan mengurus anak.wallahu a'lam bishowab.

1 komentar:

Diana Rosmawati mengatakan...

Assalamu'alaikum..
Salam kenal, artikel antum bagus sekali dan akan semakin bagus kalau hadits yang berkaitan dengan apa yang antum uraikan ikut dicantumkan..
Mohon lampirkan haditsnya karena ana ngin berbagi tulisan antum...

Template by : kendhin x-template.blogspot.com Modifikasi by NafasWeb BlogCatalog Blog Directory